REVIEW ARMYTEK TIARA A1 PRO v2 XPL

REVIEW ARMYTEK TIARA A1 PRO v2 XPL

Tiara A1 merupakan senter EDC (everyday carry) multifungsi dari Armytek. Produsen senter LED premium asal Canada. Disebut multifungsi karena Tiara bisa dijadikan headlamp (dapat headband), bisa dijepit di ransel ataupun rompi (dapat pocket clip), nempel di bodi mobil/ kap mesin (ada magnet di tail cap), berdiri di atas meja (tail standing), diikat di pergelangan tangan (dapat lanyard).

A1 menandakan bahwa senter ini hanya butuh 1 baterai AA (bisa alkaline, NiMH rechargeable, Lithium (habis buang), li-ion 14500 rechargeable. Baterai AA terutama jenis alkaline sangat gampang dijumpai di pasaran, sehingga Tiara A1 sangat cocok untuk Anda yang senang berpetualang di daerah off-grid (tidak terjangkau oleh listrik PLN sehingga tidak mungkin ngecharge baterai kecuali punya powerbank solar panel yang harganya cukup mahal).

SPESIFIKASI

  1. Sumber cahaya: LED CREE XPL
  2. Sumber tenaga: 1 buah AA (alkaline, NiMH, Lithium, li-ion 14500)
  3. Output max: 450 Lumen
  4. Optik : TIR (tanpa reflektor)
  5. Pola cahaya: 70º hotspot 120º spill (cahaya nyebar)
  6. Jarak sorot max: 65 meter
  7. Panjang: 9,3 cm
  8. Diameter: 2,54 cm
  9. Berat: 59 gram (tanpa baterai)
  10. Impact resistant: 10 meter
  11. Submersible: 10 meter
  12. Output dan runtime:
    • 450 Lumen (50 menit)
    • 250 Lumen (1 jam 10 menit)
    • 90 Lumen (4 jam 10 menit)
    • 9 Lumen (35 jam)
    • 1,9 Lumen (8 hari)
  13. Garansi resmi 10 tahun

UNBOXING

img_6462

Armytek Tiara A1 Pro v2 XPL ada 2 versi:

  1. cool white (cahaya putih) yang lebih cocok untuk daerah perkotaan karena kesannya lebih terang
  2. warm (cahaya kuning) yang lebih cocok untuk daerah berkabut/ berburu. Berdasarkan info dari teman-teman yang hobi berburu, cahaya putih yang terang membuat binatang buruan kaget dan kabur.

img_6470

Dalam paket Tiara A1 Pro terdapat senter dengan karet untuk tempat mengikat headband dalam keadaan terpasang, headband, pocket clip, lanyard, spare o-ring, user manual, dan Kartu Garansi dari alatpetualang.com

TIARA A1 PRO v2 XPL

img_6465

Dibanding Armytek Tiara A1 Pro v1 maka versi terbaru ini lebih kokoh dimana tutup magnet di tailcap sudah terbuat dari logam. Pada v1 masih pakai plastik dimana ada beberapa laporan tentang tutup yang pecah karena jatuh.

img_6463

Untuk membedakan kedua versi, di bagian atas kepala Tiara A1 Pro tertera White Light (cahaya putih) dan Warm Light (cahaya kuning). Selain itu ada peringatan Hot Surface karena saat nyala TURBO mode dengan baterai li-ion 14500 3,7 Volt (dalam jangka waktu lama), bagian kepala ini bisa panas sekali sampai tidak nyaman untuk dipegang.

img_6466Kebetulan kali ini dapat tombol yang berbeda warna.. Tombol putih untuk cahaya putih dan tombol kuning untuk cahaya kuning. Saya kira faktor kebetulan aja karena pada versi sebelumnya, mau cahaya putih maupun kuning tombolnya sama warna.

img_6468

Tail cap Tiara A1 Pro bisa dibuka untuk dikeluarkan magnetnya jika takut bisa merusak HP atau gadget yang ditaruh berdekatan dengan senter. Sejauh ini saya cukup sering mengantongi Wizard Pro v3 XHP50 bersamaan dengan HP dan baik baik saja. Jangan ditiru ya kebiasaan jelek saya. Ambil amannya aja.

img_6471

Seperti biasa, Armytek cukup royal dengan Nyogel yang berlimpah di ulir tail cap. Fungsinya selain melumasi juga membuat senter lebih kedap air. Ada 2 karet o-ring disini sehingga saya ngak heran Armytek berani klaim Tiara A1 Pro aman untuk nyebur hingga max 10 meter.

img_6472

Penampakan per di tail cap.. Fungsinya supaya baterai mantap dudukannya dalam tabung serta koneksi arus listrik antara kutub + dan – berjalan lancar.

CONTOH PENGGUNAAN & BEAMSHOT

tiara-a1-pro-on-tactical-vest

Armytek Tiara A1 Pro dengan pocket clip terpasang dan dicantol di rompi tactical. Bisa pula nyantolnya di ransel maupun tali pinggang.

img_6469

Armytek Tiara A1 Pro berdiri di atas meja. Dalam posisi begini, Tiara A1 Pro bisa menggantikan fungsi lilin. Jika mau nyala lama saat mati lampu, sebaiknya dicemplungkan dalam gelas isi air. Tentunya pastikan dulu senternya terkunci rapat sebelum dicebur.

Armytek Tiara A1 Pro - Tyre Changing

Tiara A1 Pro nempel di bodi mobil.. Sangat berguna ketika kita harus ganti ban dengan kedua tangan. Selamat tinggal dengan kebiasaan menjepit senter di mulut karena kepepet. Selain tidak higenis, juga tentunya tidak nyaman ketika senternya mulai panas.

Armytek Tiara A1 Pro - Car Hood

Armytek Tiara A1 Pro nempel di kap mesin. Sangat cocok buat teman teman yang senang oprek mesin mobil ataupun memang teknisi mesin. Cahaya terang plus kedua tangan yang bebas membuat kerjaan lebih cepat selesai. Oiya, cahaya Tiara A1 Pro nyebar dan bisa diatur terangnya sesuai dengan kebutuhan sehingga mata tidak cepat lelah karena silau.

USER INTERFACE

Cara mengoperasikan Armytek Tiara A1 Pro cukup gampang:

  1. Dalam keadaan OFF tekan dan tahan tombol maka senter akan nyala dari mode paling redup sampai paling terang. Sebaiknya selalu biasakan dengan cara ini. Begitu terangnya dah cukup segera lepas tombol maka Tiara A1 Pro akan stabil di output tersebut. Perlu diketahui bahwa mata kita menyesuaikan dengan terangnya cahaya di lingkungan. Mis: untuk perkotaan yang banyak polusi cahaya, mungkin senter yang 200an Lumen baru terasa terang. Tapi di perdesaan/ gunung yang gelap, senter yang nyala 70 Lumen dah terasa seperti lampu motor. Klik 1 kali untuk matikan dan Tiara A1 Pro akan ingat mode yang terakhir (last memorized mode).
  2. Dalam keadaan OFF, klik 1 kali untuk nyala pada mode yang terakhir diingat (last memorized mode).
  3. Dalam keadaan ON, klik cepat 3 kali untuk aktifkan TURBO mode.
  4. Dalam keadaan ON, klik cepat 4 kali untuk aktifkan STROBE mode (kedap kedip)

KESIMPULAN

  1. Tangguh (tahan jatuh dari ketinggian max 10 meter, bisa nyelam hingga max 10 meter).
  2. Garansi lama: 10 tahun.
  3. Baterai gampang diperoleh.. AA alkaline banyak tersedia dimana mana jika darurat ngak bisa ngecharge.
  4. Bisa pakai NiMH rechargeable sehingga biaya operasional bisa ditekan.
  5. Bisa pakai baterai Lithium dan li-ion 14500 yang lebih tahan dingin (hingga -20º Celcius).
  6. Runtime kesannya relatif singkat untuk TURBO mode 450 Lumen (30 menit). Hal ini bisa diakali dengan nyala 70 Lumen (3 jam) untuk camping dan 210 Lumen (1 jam 12 menit) untuk hiking. Dengan bawa 1 pak baterai isi 4 AA NiMH dah bisa untuk nyala 12 jam dengan output 70 Lumen.

Semoga review singkat ini bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *